Sejarah



      Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) yang kampusnya terletak di Kota Batusangkar, merupakan salah satu Program Studi di lingkunggan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan didirikan pada tanggal 14 Maret 2014 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1499 Tahun 2014.
       Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini mulai berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan anak usia dini. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disertai dengan upaya peningkatan relevansinya dalam rangka persaingan global.
Di masa yang akan datang, PIAUD diharapkan mampu mensejajarkan dirinya dengan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini/ Islam dari Universitas terkemuka di Indonesia dalam hal mutu proses Pembelajaran dan lulusan, penelitian dan pengabdian masyarakat, sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia.
    Untuk mewujudkan visi dan misi yang diembanya, PIAUD perlu menyusun program jangka panjang 5 tahun kedepan dalam suatu dokumen Rencana Strategis Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2016- 2020. sesuai dengan renstra Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Penyusunan Renstra PIAUD 2016- 2020 diawali dengan evaluasi diri untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang kemudian digunakan dalam menyusun isu strategis.
berdasarkan hasil analisis evaluasi diri, dan mengacu pada isu-isu utama yang dihadapi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, terdapat lima isu utama yang akan dihadapi PIAUD dalam lima tahun kedepan yaitu :
  1. Peningkatan Kualitas Input, Proses dan Output
  2. Penyehatan Organisasi
  3. Peningkatan daya saing di tingkat nasional
  4. Pengelolaan sumber daya
  5. Pendanaan 

0 komentar :